Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 085600923313
    CS 2: 0895401538547
  • Inilah Cara Simple Untuk Membuat Potongan Pola Pada Kain Kaos



    Inilah cara simple untuk membuat potongan pola pada kain kaos

    Selamat pagi!

    Dikesempatan ini saya ingin berbagi tips kepada para pegawai yang bekerja dibidang produksi pakaian khususnya. Tips ini adalah tentang bagaimana cara yang paling simple untuk membuat potongan pola pada kain kaos secara simple.

    Untuk anda yang sudah banyak pengalaman dalam bidang ini tentu tahu bagaimana cara-cara dalam membuat pola pada pakaian. Tetapi untuk anda yang masih pemula, maka diwajibkan untuk anda mencari tahu bagaimana cara yang paling simple untuk membuat potongan pola pada kain kaos. Kenapa? Karena anda sebagai karyawan pemula harus sering belajar agar kerja anda bagus untuk kedepannya.

    Sebelum saya ulas lebih lanjut, saya akan menjelaskan fungsi dari pola pada kain kaos. Sebenarnya pola pada kain kaos ada dua macam yaitu pola sekali pakai dan pola permanen. Namun untuk memudahkan dan mempercepat proses pemotongan maka sebaiknya menggunakan pola yang permanen. Pola kaos sangat penting untuk dibuat sebelum pemotongan kaos.

               
    Langkah 1
    1.    Siapkan kaos berukuran S sampai XL
    2.    Betangkan kaos diatas meja atau dilantai. Pastikan permukaan kaos benar-benar rata.
    3.  Lipat kaos tepat ditengah-tengah kaos arah atas-bawah badan. Satukan lengan kanan dengan lengan kiri. Ratakan lai kaos yang telah dilipat tadi.

    Langkah 2
    1.    Siapkan kertas karton tebal, bentangkan di meja atau lantai.
    2.   Letakan lipatan kaos di atas bentangan kertas karton tadi. Kembali ratakan permukaan kaos.
    3.  Jiplak kaos dengan kertas karton tadi. Untuk bagian badan kaos, tandai lingkaran leher belakang dan leher depan, dilakukan juga pada garis lengan (dari bahu sampai ketiak) lalu tarik garis, maka akan didapat pola kaos sesuai dengan ukuran kaos jadi.

    Langkah 3
    1.  Untuk bagian badan, tambahkan masing-masing ½ cm pada sisi samping hasil jiplakan, tambahkan juga sekitar 3-4 cm pada bagian bawah badan. Pada lengan tambahkan lebar ½ cm pada sisi miring tepat bagian ketiak, sedangkan pada ujung lengan tambahkan 3-4 cm. Penambahan ini berfungsi untuk memberikan ruang untuk jahitan.
    2.   Lalu tarik garis pada titik yang telah dibuat garis tadi, maka pola kaos murah sudah bisa dipakai untuk membuat pola kaos pada bahan yang hendak di potong. Sekali lagi, buat pola ini minimal empat ukuran, dari S sampai XL.

    Nah itu tadi sekilas penjelasan tentang cara yang paling simple dalam membuat pola pada kain kaos, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


    Sumber     : vendorsablonsolo.blogspot.co.id