Google_plus Pinterest Vimeo RSS
  • CS 1: 085600923313
    CS 2: 0895401538547
  • Kenapa Magang Wajib Untuk Memulai Karir Kerja

    Kenapa Magang Wajib
    Kenapa Magang Wajib


    Kenapa Magang Wajib Untuk Memulai Karir Kerja
    Buat para mahasiswa pasti pernah dengar yang namanya magang / PKL. Seringnya magang / PKL ini juga merupakan syarat wisuda, sehingga kalau belum magang belum bisa lulus. Tapi sebenarnya kenapa sih magang itu wajib?

    Di sini kita akan cari tahu bareng-bareng kenapa magang itu memiliki pengaruh yang cukup besar buat karir kamu, sehingga wajib buat siapapun yang mau nyari kerja, baik mahasiswa ataupun bukan.

    Pertama-tama, sebenarnya magang itu kegiatan seperti apa? Kalau menurut KBBI, arti kata magang adalah calon pegawai (yang belum diangkat secara tetap serta belum menerima gaji atau upah karena dianggap masih dalam taraf belajar). Jadi kira-kira magang itu adalah kegiatan belajar dalam bentuk bekerja di suatu instansi dalam rangka mendapat pengalaman dan wawasan dalam dunia kerja. Yang utama di sini adalah belajarnya, ya, bukan bekerja. Jadi kalau kamu magang di suatu tempat kamu belum bisa dianggap sebagai karyawan di tempat itu.

    Nah, sudah tahu kan seperti apa magang itu? Sekarang mari kita bahas kenapa magang itu wajib.

    Sebenarnya magang itu bukan sesuatu yang wajib harus pernah kita lakukan sebelum memulai karir bekerja. Tapi coba bayangkan kamu adalah bos sebuah perusahaan yang sedang mencari karyawan baru di bidang marketing misalnya. Kira-kira, kamu bakal milih calon karyawan yang masih hijau, yang hanya mengerti tentang marketing secara tekstual, atau calon karyawan yang benar-benar pernah mengaplikasikan ilmunya?

    Jadi tujuan kita magang itu adalah untuk mendapat pengalaman, sehingga akan dianggap lebih layak di mata perusahaan saat melamar kerja nanti. Pengalaman dan ilmu yang bisa kita dapat saat magang itu bisa dalam bentuk:

    Pengalaman bekerja yang sesungguhnya, di tempat kerja beneran, bersama dengan karyawan lain.
    Wawasan soal lingkungan kerja yang sebenarnya, jadi nantinya tidak kaget saat memulai karir bekerja.
    Mengetahui dengan lebih dalam proses-proses kerja, merasakan sendiri bagaimana sebuah pekerjaan dilaksanakan, bagaimana hasil dari pekerjaan itu, dan memahami pengaruh kualitas tenaga kerja dengan hasil pekerjaan.
    Terutama buat mahasiswa, proses magang juga merupakan bentuk pengaplikasian ilmu yang didapat, sehingga bisa membandingkan ilmu yang didapat dan kegunaannya dalam dunia kerja.

    Jadi sudah tahu kan kenapa magang itu wajib banget buat mendongkrak karir kita? Tanpa pengalaman yang kita dapat dari magang, kita pasti akan kalah bersaing dengan calon-calon karyawan lain yang pernah, apalagi kalau orang itu magang tidak sekali dua kali, tapi berkali-kali (barangkali orangnya rajin belajar sampai lupa nyari kerja).

    Nah, kali ini Maboor ID, Sebuah Start Up yang merupakan anak perusahaan Sablon Jogja ID juga sedang membuka lowongan magang nih, buat kamu yang ingin menggugurkan kewajiban magang sebelum mulai mencari kerja, hehehe.

    Beberapa posisi yang ditawarkan oleh Maboor ID:

    Business Development
    Marketing Strategist
    Content Designer/Content Creator
    Conten Writer
    Photographer
    Video Editor

    Ga perlu mikir belum punya pengalaman atau yang lainnya, karena tujuan magang untuk mendapat pengalaman, kan? Jadi kalau kamu tertarik dengan program magang Maboor ID bisa kamu lihat info lengkapnya di Info Magang Jogja Gratis 2018.