• Instagram
  • Asal Usul Sejarah Dan Fakta Tentang Bordir

    Asal Usul Sejarah Dan Fakta Tentang Bordir
    Asal Usul Sejarah Dan Fakta Tentang Bordir
    Asal Usul Sejarah Dan Fakta Tentang Bordir
    Bordir adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau permukaan lain dengan menggunakan jarum jahit dan benang. Bordir biasa digunakan untuk menghias pakaian dengan memberikan pola atau simbol tertentu pada salah satu bagian pakaian. Pola tersebut dibuat dengan menggunakan benang yang dijahitkan ke atas kain membentuk pola yang diinginkan.

    Keberadaan bordir sendiri sebenarnya sudah ada semenjak dahulu kala. Di artikel ini Sablon Jogja ID ingin berbagi tentan Asal Usul, Sejarah, dan Fakta Tentang Bordir. Kita akan mengenali sejarah ditemukannya bordir hingga datangnya bordir ke Indonesia seperti sekarang. Kita juga akan melihat beberapa fakta menarik mengenai bordir. 

    Sebenarnya kerajinan bordir sudah ada sejak 30,000 tahun sebelum masehi. Beberapa arkeolog menemukan fosil-fosil yang mengenakan kain dengan bekas pola bentuk tertentu di atasnya. Namun di Cina ditemukan lukisan yang mana pakaian di dalam lukisan tersebut terlihat memiliki bordiran. Lukisan ini sendiri juga diperkirakan ada sejak abad kelima sampai ketiga masehi. 

    Ilmu pembordiran ini sendiri juga disebarkan melalui generasi ke generasi. Pada abad pertengahan, di Eropa, khususnya Inggris, kemampuan membordir menjadi faktor tingginya status seorang perempuan. Sehingga perempuan-perempuan dari keturunan bangsawan haruslah pandai membordir. 

    Sedang di area Timur Tengah, pada masa kerajaan Islam, kepemilikan bordir merupakan tanda status yang tinggi di masyarakat. Karena itu banyak sekali ditemukan kerajinan bordir di wilayah Timur Tengah, mulai dari sapu tangan, seragam, bendera, kaligrafi, sepatu, jubah, kantung, dan bahkan pada sabuk kulit. Karena itu dipercaya juga bahwa asal usul bordir adalah dari wilayah Asia Timur, terutama Timur Tengah ini. 

    Sedangkan di Indonesia sendiri, kerajinan bordir mulai ada sejak pedagang dari wilayah Eropa dan Asia berdatangan dan membawa berbagai barang dagangan, termasuk kain dengan bordiran di atasnya. Semenjak itu kerajinan bordir pun mulai berkembang di Indonesia. 

    Beberapa di antaranya adalah bordir sulam usus dan tapis bordir yang memiliki keunikan dan sudah merambah hingga mancanegara. Di Bukittinggi Sumatera Barat terdapat bordir kerancang halus yang proses pembuatannya sangat rumit dan menyita waktu, namun bernilai sangat tinggi bila hasilnya memiliki tarikan benang yang pas. Di Aceh sendiri, motif gigi belalang dan daun labu banyak sekali digunakan untuk membordir songket, peci, tas, dan sebagainya. 

    Di Jawa Barat, tepatnya di daerah Tasikmalaya, terdapat sentra industri bordir yang sudah menjadi produk unggulan. Indrusti ini dimulai pada tahun 1920-an oleh seorang perempuan mantan pekerja di perusahaan mesin jahit Singer. Setelah berhenti bekerja, beliau kembali ke kampung dan mencoba peruntungan dengan mengaplikasikan ilmu yang didapat saat bekerja dulu, yaitu teknik membordir. 

    Ternyata produk miliknya cukup sukses dan berhasil mendapat pesanan dari beberapa kota tetangga. Perempuan inipun tak segan mengajarkannya pada keluarga dan tetangga, sehingga akhirnya banyak yang mulai ikut membuka usaha bordiran tersebut. 

    Hingga akhirnya produk bordir Tasikmalaya mendapat perhatian pemerintah dan dibantu pemasarannya di berbagai pasar besar di kota-kota di Indonesia, seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Lombok, Balikpapan, Medan, Riau, dan banyak lagi. Bahkan sekarang produk bordir Tasikmalaya berhasil menembus pasar Internasional di berbagai negara, mulai dari negara ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, sampai negara-negara Timur Tengah seperti Saudi Arabia, dan Mesir di Benua Afrika. 

    Nah, demikianlah Asal Usul Sejarah dan Fakta Tentang Bordir. Mulai dari asal muasalnya dari zaman purbakala hingga merambahnya ke nusantara, dan akhirnya menjadi produk unggulan beberapa daerah di Indonesia. 

    Kamu bisa mengunjungi website Sablon Jogja ID untuk menambah pengetahuan seputar produk sandang seperti bordir ini, atau tentang hal lain semisal Kaos Solop yang merupakan kaos khusus untuk distro.