• Instagram
  • Jenis-Jenis Bahan Untuk Bendera, Slayer dan Topi

    Jenis-Jenis Bahan Untuk Bendera, Slayer dan Topi

    Ketika kita berada di jalan atau di toko biasanya kita akan melihat berbagai macam barang. Yang banyak kita temui biasanya seperti bendera, slayer atau topi. Barang-barang tersebut pun mempunyai banyak sekali model dan warna.
     
    Bahkan banyak saat ini industri di rumah-rumah yang bergerak untuk melayani jasa pembuatan bendera sablon satuan, slayer dan topi, salah satunya seperti kami Sablon Jogja ID.

    Berikut ini pemaparannya mengenai bendera, slayer dan juga topi.

    Bendera adalah sepotong kain dengan bentuk segi empat atau segitiga, biasanya diikat pada ujung tongkat atau tiang. Kemudian bendera dapat dipergunakan sebagai lambang negara, perkumpulan, badan, sebagai tanda atau simbolisme. 

    Slayer yaitu biasa dikenal sebagai kain penutup mulut dan hidung atau masker. Merupakan salah satu perlengkapan dalam berkendara motor. Memiliki bentuk kotak atau segitiga.

    Topi ialah salah satu pelengkap untuk penutup kepala. Umumnya digunakan sebagai aksesoris, namun saat tertentu topi dipakai untuk upacara dan kegiatan penting lain.

    Tapi sudah tahukah kamu mengenai penggunaan kain jenis apa saja dalam bendera, slayer dan topi? Yuk simak ulasan berikut ini.

    Macam bahan yang digunakan dalam bendera ialah :
    1.    Kain TC

    Terdapat dua jenis kain TC yakni TC-1 dan TC-2, memiliki konstruk 60/40 yang artinya ia sangat kuat, tahan lama dan tidak mudah robek.

    2.    Kain TR (Tetoron Rayon)

    Merupakan kain kombinasi dari polyester dan rayon.

    3.    Kain Polyester

    Jenis kain sintetis dari serat buatan. Banyak dipilih untuk bahan bendera karena warnanya yang cerah dan tidak mudah kusam.

    4.    Kain Parasut

    Jenis kain dengan karakter yang ringan. Adapun yang biasa dipilih untuk bahan bendera adalah kain parasut super, di mana ia memiliki permukaan yang mengkilap, lebih tebal dan tahan air.

    5.    Kain Satin

    Termasuk jenis kain yang ditenun dengan teknik serat filamen. Biasanya dipakai untuk bendera adalah kain satin super dengan karakteristik halus, mengkilap, licin dan juga kuat.

    Kemudian jenis bahan yang digunakan untuk slayer, yaitu :
    1.    Kain Teteron

    Merupakan campuran dari cotton combad dan polyester. Memiliki kelebihan lebih tahan lama, tidak kusut dan melar.

    2.    Kain Katun Hero/Arrow

    Memiliki ciri-ciri yang lembut, nyaman saat bersentuhan dengan kulit, tidak panas, dan mampu menyerap keringat dengan baik.

    3.    Kain Asahi

    Merupakan salah satu jenis kain tipis dan tembus pandang. Dibuat dengan cara tenun mesin dan menggunakan teknik silang polos. Kain ini tidak memiliki motif timbul pada permukaan dan agak licin.

    4.    Kain Oxford

    Jenis kain yang terbuat dari katun dengan sedikit dikombinasikan dengan tetoron. Memiliki anyaman plat dengan tekstur seperti titik-titik. Memiliki ciri terasa halus jika diraba, cukup nyaman untu dipakai, tidak panas dan tidak mudah terkoyak.

    5.    Kain Peles

    Atau biasa disebut dengan kain habutai adalah alah satu jenis kain furing dengan fungsi serba guna. Di mana memiliki karakteristik mengkilap, tipis dan sangat ringan.

    Selanjutnya tipe-tipe kain yang digunakan untuk bahan pembuatan topi adalah sebagai berikut :
    1.    Kain Rapel

    Bahan dengan kemiripan tektur pada kain denim, tetapi lebih tipis dan serat benangnya bergaris miring. Banyak digunakan untuk pembuatan topi karena karakternya yang kaku dan tebal. Memiliki tiga jenis yakni rapel mentah polyester, mentah katun dan sueding.


    2.    Kain Famatex

    Memiliki ciri halus dan lebih kaku, biasanya dipakai untuk pembuatan topi sekolah. Kemudian warna-warnanya lebih kepda khaki dan soft.

    3.    Kain Kanvas


    Mempunyai motif serat bergaris lurus dan bertekstur agak kasar. Cirinya tebal dan berbulu pada lapisan atasnya, sehingga benang atau material ringan akan lebih mudah menempel.

    4.    Kain Drill

    Jenis kain dengan motif bergaris miring dengan tekstur halus, dan pilihan warnanya cukup lengkap.

    5.    Kain Ripstop

    Terbuat dari nilon, dengan ciri berupa kotak-kotak benang yang berfungsi untuk pengencang kain agar tahan terhadap robekan.

    Nah itulah beberapa jenis kain yang digunakan dalam pembuatanbendera, slayer dan topi. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan pengetahuan yang belum diketahui tentang perkainan.