• Instagram
  • Jenis Bahan Sajadah dan Ukurannya


    Jenis Bahan Sajadah dan Ukurannya

    Jenis Bahan Sajadah dan Ukurannya

    Sajadah merupakan salah satu perangkat bagi penunjangnya ibadah manusia. Digunakan sebagai alas agar tetap menjaga kebersihan ketika melaksanakan sholat secara sendiri-sendiri ataupun berjama’ah. 

    Dalam perkembangannya sajadah mengalami berbagai inovasi untuk menarik minat pasaran. Mulai dari penggunaan bahannya, ukurannya sampai desain motifnya.

    Sudah tahukah kamu jenis bahan sajadah dan ukuran berapa saja yang digunakan? Berikut paparan singkatnya.

    1.    Bahan Bludru

    Atau biasa dikenal dengan nama kain velvet yakni kain dengan tenun tafting (berumbai) yang memiliki tekstur sangat halus, lembut dan rata, sehingga jika dilihat akan berkilau. Bahan yang satu ini sangat nyaman jika digunakan karena terbuat dari bahan dasar katun dan sutra. Akan tetapi sutra yang semakin menipis, dikembangkanlah dengan bahan lainnya seperti vicose dan polyester.
    Dalam pembuatannya, jika penggunaan helai benang lebih banyak akan menciptakan velvet semakin tebal dan harganya juga akan cenderung tinggi. Sajadah dengan jenis bahan ini banyak laku terjual karena dinilai ringan dan mudah untuk dibawa kemana saja.

    2.    Bahan Busa

    Perkembangan sajadah sekarang sudah sangat beragam, bahkan muncul sajadah yang satu ini di mana ia menggunakan jenis bahan busa polyester. Busa dinilai menjadi pilihan karena sangat nyaman, empuk dan tebal ketika digunakan. Sehingga tidak akan membuat kaki kita sakit. Dari sisi kualitasnya pun awet dan tidak mudah kempes.

    3.    Bahan Rasfur


    Jenis bahan satu ini bertekstur bulu-bulu halus yang biasanya dipergunakan dalam boneka. Salah satu bahan yang nyaman karena lembut dengan ciri-ciri ukuran bulu sekitar 5 mm sampai 20 mm yang digunakan untuk pembuatan sajadah. Diproduksi dengan berbagai macam warna seperti oranye, coklat, pink, ungu, hijau dan sebagainya.

    4.    Bahan Katun Polyester

    Merupakan kain yang terbuat dari benang polyester dan serat kapas dengan tambahan glitter, sehingga memberikan kesan bling-bling. Bahan yang satu ini memiliki karakteristik kuat, lembut, tidak muah kusut dan tidak luntur. Biasanya sajadah dengan jenis bahan ini banyak dijadikan sebagai souvenir haji, karena sangat ringan dan tidak nribet jika dibawa-bawa.

    5.    Bahan Tenun

    Bahan jenis ini mempunyai ciri khasnya tersendiri, karena corak yang dimilikinya sangat beragam dan rumit. Biasanya bahan ini dibuat menggunakan metode secara tradisional dengan alat khusus tenun. Bahan dasar dalam pembuatannya pun dipilih dari alam seperti kapas, kepompong ulat sutera, lilin sarang lebah dan akar serai wangi. Sehingga sangat berkualitas dan dari segi harga memang lumayan mahal.

    6.    Bahan Kanvas
    Bahan yang satu ini terkenal untuk media lukis, namun dalam perkembangannya kemudian ia mengalami inovasi untuk dipergunakan dalam produk lainnya seperti sajadah ini. Bahan kanvas sendiri terbuat dari cotton yang dikombinasikan dengan linen. Jenis kainnya ringan dan mudah untuk diaplikasikan dengan cat atau diwarnai.

    Berikut ukuran-ukuran dari sajadah yang biasanya dijual dipasaran :
    1.    50 x 110 cm
    2.    60 x 110 cm
    3.    35 x 35 cm
    4.    60 x 35 cm
    5.    107 x 65 cm
    6.    107 x 72 cm
    7.    70 x 108 cm
    8.    61 x 112 cm
    9.    66 x 104 cm
    10.  107 x 65 cm

    Begitulah penjelasan tentang jenis bahan dan ukuran yang dimiliki oleh sajadah. Semoga setelah ini tidak bingung lagi deh jika ingin membeli sajadah. Tentu saja kami Sablon jogja ID sebagai industri konveksi di Yogyakarta pun memiliki layanan berupa jasa sablon sajadah lusinan murah, jika teman-teman punya niat memiliki sajadah custom sendiri.