• WA: 0895401538547
  • Jenis - Jenis Bahan Bendera yang Kamu Harus Tahu


    Jenis - Jenis Bahan Bendera yang Kamu Harus Tahu

    Jenis - Jenis Bahan Bendera yang Kamu Harus Tahu

    Ketika waktunya perayaan hari besar nasional seperti 17 Agustus, atau layaknya masa kampanye sekarang-sekarang ini pasti banyak ditemukan bendera-bendera yang dipasang atau dijual di pinggiran jalan dengan berbagai macam bentuk dan warna. Hal tersebut dilakukan sebagai tanda penyemarakan atau bentuk apreasiasi dari masyarakat.

    Bahkan banyak pula saat ini industri di rumah-rumah yang sudah bergerak untuk melayani jasa pembuatan benderasablon satuan, salah satunya seperti kami Sablon Jogja ID.

    Namun sudah tahukah kamu jenis bahan apa saja yang biasanya dipakai dalam pembuatan bendera? Berikut penjelasan singkatnya.

    Telah kita ketahui bahwasanya bendera ialah sepotong kain dengan bentuk segi empat, persegi panjang, segitiga, setengah lingkaran atau bahkan kombinasi. Bendera biasanya diikat pada ujung tongkat atau di tiang-tiang yang ada di jalan-jalan, di depan rumah atau di depan gedung kenegaraan.

    Kemudian bendera dapat dipergunakan sebagai lambang sebuah negara, organisasi, komunitas, badan dan sebagainya yang membutuhkan adanya peran dari sebuah bendera. Bendera pun bisa dijadikan sebagai tanda atau simbolisme ketika ada kematian, lalu ada yang membutuhkan pertolongan, dan lain-lain. 

    Tidak hanya itu saja, bendera bisa juga digunakan dalam perlombaan seperti lomba drumband yang memperlihatkan berbagai macam bentuk, corak dan warna. Atau digunakan dalam kegiatan kepramukaan seperti semaphore. Atau dapat digunakan untuk pembukaan sebuah acara seperti ASEAN GAMES, di mana bendera tersebut dibawa berlari bersama mengelilingi sebuah lapangan.

    Berikut ini jenis-jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat bendera :

    1.    Bahan TC (Teteron Cotton)

    Terdapat dua jenis kain TC yakni TC-1 dan TC-2, memiliki konstruk 60/40 yang artinya ia sangat kuat, tahan lama dan tidak mudah robek. Bahan yang biasanya paling banyak digunakan untuk pembuatan bendera merah putih.

    2.    Bahan Blacu

    Memiliki karakteristik kain dengan berpori, teksturnya lebih kasar dan sedikit lebih tebal dari bahan TC.

    3.    Bahan Mori

    Mempunyai serta yang tidak sehalus kain satin dan ketebalannya juga lebih tipis dibanding dengan kain blacu.

    4.    Bahan Peles

    Biasanya dijumpai dalam pembuatan furing, di mana memiliki serat yang tipis dan sedikit lebih kaku.

    5.    Bahan Spandek

    Kain dengan serat yang dapat melar dan tergolong lebih berat dari pada jenis bahan lainnya.

    6.    Kain TR (Tetoron Rayon)

    Merupakan kain yang terbuat dari kombinasi antara serat polyester dan rayon.

    7.    Kain Polyester

    Jenis kain sintetis dari serat buatan. Banyak dipilih untuk bahan bendera karena warnanya yang cerah dan tidak mudah kusam.

    8.    Kain Parasut

    Merupakan jenis kain dengan karakter yang ringan. Adapun yang biasa dipilih untuk bahan bendera adalah kain parasut super, di mana ia memiliki permukaan yang mengkilap, lebih tebal dan tahan air.

    9.    Kain Satin

    Termasuk jenis kain yang ditenun dengan teknik serat filamen. Biasanya dipakai untuk bendera adalah kain satin super dengan karakteristik halus, mengkilap, licin dan juga kuat. Serta jika dicetak menggunakan teknik printing akan menghasilkan warna yang bagus.

    Demikian ulasan kami mengenai jenis bahan-bahan yang biasanya dipakaidalam pembuatan bendera. Sehingga jika kamu akan membeli atau membuat bendera sendiri tidak akan kebingungan lagi karena sangat banyak macam jenis bahan bendera yang bisa digunakan mulai dari yang tipis sampai tebal, dengan bervariasi warna dan harga yang ditawarkan, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan kamu tentunya.