• WA: 085600923313
  • Menilik Industri Garment Indonesia


     
    Menilik Industri Garment Indonesia
    Menilik Industri Garmen Indonesia

    Pakaian yang dikenakan manusia saat ini merupakan salah satu bagian dari peradaban dunia yang sangat luar biasa. Bermacam-macam merk, bentuk baju, motif baju hingga jenis bahan yang digunakan memperlihatkan bahwa industri pakaian sangat dominan dan disenangi oleh banyak orang. Bahkan tidak ada habisnya dan tidak ada bosannya orang-orang bernotabene kreatif selalu melakukan inovasi terhadap bentuk pakaian.

    Hal tersebut terlihat pada perindustrian Indonesia kini yang mulai mengalami peningkatan untuk memajukan perekonomian bangsa. Salah satu yang mesti disorot yakni industri garmen yang menjadi industri strategis bahkan terbesar ketiga di Indonesia.

    Namun sudah tahukah kamu apa itu industri garmen? Seperti apa industri garmen di Indonesia? Mari ikuti ulasan berikut.

    Dimulai saat kebangkitan industri garmen di Asia Tenggara yang mana mulai menunjukkan unjuk giginya pada tahun 1975-an. Dan Indonesia menjadi salah satu diantaranya yang mulai merambah pada bidang tersebut. 

    Industri garmen sendiri adalah sebuah perusahaan atau pabrik yang memproduksi pakaian jadi atau siap jadi dan berbagai perlengkapan pakaian (aksesoris). Kemudian dalam proses pengerjaannya terdapat pembagian kerja dalam divisi-divisi. Karena hal tersebut dinilai dapat lebih cepat, efisien, terfokuskan dan hasilnya lebih maksimal.

    Jika diperhatikan, baru belakangan ini industri garmen sedikit dilirik oleh masyarakat Indonesia. Karena mungkin berbagai faktor yang mengakibatkan masyarakat Indonesia sendiri lebih tertarik untuk membeli produk dengan label luar negeri yang dinilai lebih worth it. Padahal dalam perkembangan industri satu ini, Indonesia sudah mulai melalang buana ke penjuru dunia dengan nama “Made in Indonesia”, hanya sedikit orang saja yang mungkin mengetahui hal tersebut.

    Dan ternyata ada beberapa produk impor (produk dunia) yang dijual merupakan buatan Indonesia loh seperti Guess, Bershka, Zara dan Timberland dibuat oleh PT. Sri Rejeki Isman (Sritex). Hal itu tentu saja sedikit membuat heran, mengingat bahwa apresiasi masyarakat terhadap produksi dalam negeri sendiri belum begitu besar.

    Tidak sampai disitu saja bahkan PT. Sritex asal Sukoharjo ini pun mengerjakan beberapa produk militer dunia dan sudah sekitar 30 negara yang memesan untuk seragam pasukan militer mereka.

    Satu lagi yang ikut menorehkan sejarah perkembangan dari industri garmen ini ialah PT. Pan Brothers (Tbk) yang mempunyai 10 anak perusahaan dengan produk kelas dunia contohnya Nike, Adidas, The North Face, H & M, S. Oliver, Massimo Dutti, Prada, Under Armour dan lain sebagainya.

    Walaupun industri garmen Indonesia ini dijadikan sebagai tempat bernaung bagi produk-produk kelas dunia yang mana notabenenya menggunakan para pekerja dari Indonesia dengan alasan upah yang murah, namun disisi lain kemampuan para pekerja Indonesia tidak bisa dianggap remeh temeh karena dari segi hasilnya pun berkualitas tinggi.

    Pada kenyataannya Indonesia sudah mampu untuk mengibarkan sayapnya dengan label “Made in Indonesia” yang terbukti dari para pekerja yang bisa ikut bersaing dengan perusahaan garmen negara lain seperti di Tiongkok, Kamboja, Vietnam, India dan Bangladesh.

    Hingga sekarang industri garmen di Indonesia pun telah mengalami pertumbuhan luar biasa yang tercatat bahwa tahun 2017 surplus yang didapatkan kurang lebih US$ 7 M. Dan ke depannya diharapkan dapat mengakselerasi percepatan free trade agreement misalnya dengan Uni Eropa agar bisa mendorong akses pasar meningkat dan penetrasi produk Indonesia ke pasar tradisional semakin kuat. Hal ini dikarenakan beberapa tahun terakhir merosot akibat tekanan dari pembentukan perjanjian perdagangan bebas seperti Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) miliki Uni Eropa dan Trans-Pasific Partnership bentukan Amerika Serikat.

    Demikian sekilas pemaparan mengenai industri garmen di Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan mengenai perindustrian yang ada di negara kita tercinta ini. karena penting bagi kita untuk mengetahui perkembangan terkini yang ada di Indonesia supaya kita bisa lebih bangga lagi terhadap produk-produk dalam negeri.

    Jangan lupa untuk mengunjungi web Sablon Jogja ID, karena di sana banyak informasi yang bisa diakses dan tentu saja berbagai pelayanan yang bisa didapatkan seperti jasa pembuatan topi sablon satuan murah.