• Instagram
  • Jenis Bahan untuk Membuat Kemeja yang Harus Kamu Tahu


    Jenis Bahan untuk Membuat Kemeja yang Harus Kamu Tahu

    Jenis Bahan untuk Membuat Kemeja yang Harus Kamu Tahu

    Saat menghadiri sebuah acara formal maupun nonformal pasti dong kamu menginginkan tampilan yang keren tapi tetep sopan. Nah biasanya nih kamu akan memilih untuk menggunakan baju andalan kamu seperti kemeja kan? Pas banget deh kali ini Sablon Jogja ID bakalan membahas mengenai berbagai jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kemeja lho.... simak ulasannya berikut ini yuk.

    1.    Drill 

    Jenis bahan yang satu ini cenderung lebih halus, lembut dan dingin. Memiliki tekstur berupa garis miring pada kedua sisi bahannya. Kemudian terdapat beberapa variasi merk bahan seperti Japan Drill, Nagata Drill, American Drill dan Taipan Drill yang mempunyai kualitasnya masing-masing.

    2.    High Twist

    Mempunyai karakteristik yang terlihat mengkilap dan juga rapih. Biasanya bisa digunakan untuk bahan pembuatan seperti blazer dan celana.

    3.    Nomex

    Biasanya dipakai untuk jenis seragam wearpack/coverall. Merupakan bahan campuran antara cotton dan juga polyester yang tahan terhadap panas/api sehingga mempunyai tingkat keselamatan yang aman bagi para pekerja. Lalu terdapat juga tambahan berupa dekorasi jahitan reflektor tape pada bahannya.

    4.    Flanel

    Merupakan jenis bahan yang berasal dari benang wol yang tebal. Memiliki permukaan yang lembut dan halus karena dibuat melalui serangkaian proses pemanasan dan penguapan. Bahannya yang memiliki ciri khas cukup tebal ini mampu memberikan rasa hangat ketika dipakai.

    5.    Oxford

    Salah satu jenis bahan yang sejenis dengan kain yang biasa dibuat untuk kemeja kantor, seragam kerja atau seragam sekolah. Mempunyai tekstur kain yang cenderung rata dan tampilannya terdapat titik-titik pixel dalam resolusi gambar yang menjadikan kemeja ini terasa nyaman dan sangat cocok untuk gaya casual maupun formal.

    6.    Kanvas

    Memiliki karakteristik yang tebal serta berat. Di mana biasanya dipergunakan untuk pembuatan jaket lapangan pada pertambangan atau mendaki gunung karena dinilai terlihat gagah saat digunakan dan dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda yang agak tajam lainnya. Kemudian jenis bahan kanvas sendiri terdapat beberapa jenis seperti marsoto, oxford dan ribstop.

    7.    Dolby

    Jenis bahan yang terdiri dari 100% katun dan mengandung satin, sehingga akan nampak terlihat lebih berkilau dan mewah. Mempunyai tekstur yang tebal, tidak berbulu, halus serta tidak panas. Lalu juga terdapat motif bergaris-garis atau kotak.

    8.    Chambray

    Merupakan jenis bahan yang mempunyai tampilan fisik hampir mirip dengan bahan denim, namun menciptakan kesan yang lebih halus dan lembut karena dibuat dari serat alami berupa kapas, sehingga memberikan rasa nyaman ketika digunakan saat cuaca panas.

    9.    Denim

    Jenis bahan yang mempunyai jenis yang sama dalam pembuatan kain twill, namun memberikan kesan yang lebih halus dan tipis. Selain digunakan untuk membuat kemeja, jenis bahan denim ini juga biasanya diaplikasi untuk membuat rok, celana, jaket dan tas. Bahkan pada perkembangannya sampai saat ini juga digunakan untuk campuran membuat busana batik.

    10.  Acrylic

    Adalah jenis bahan yang biasa dimanfaatkan untuk membuat kemeja pria yang dalam penggunaannya dikombinasikan dengan rompi yang berbahan light weight wolls.

    Nah...itu dia beberapa jenis bahan yang biasanya digunakan untukmembuat berbagai macam kemeja. So...kamu nggak akan biangung lagi ketika akan membeli kemeja di toko karena udah tahu dari bahan apa aja. Kemudian di Sablon Jogja ID juga ada lho layanan pembuatankemeja dan tentu saja dibuat dengan bahan yang berkualitas.