• Instagram
  • Mengenal Lebih Dekat Yuk dengan Totebag dan String Bag


    Perbedaan Totebag dan String Bag
    Perbedaan Totebag dan String Bag

    Tas apa yang biasa kamu pakai nih jika bepergian santai keluar rumah? Pakai totebag atau string bag
     
    Dua jenis tas ini terkenal sekitar beberapa tahun terakhir di Indonesia. Tidak sedikit anak-anak muda yang gencar mencari atau membuatnya dengan desain mereka sendiri.

    Tidak ketinggalan pula banyak juga dari anak muda yang sampai terpikirkan untuk membuka usaha pembuatan totebag atau string bag ini, entah disekolah-sekolah, maupun membuka indutri rumahan sendiri. Salah satunya seperti kami dari Sablon Jogja ID yang membuka layanan untuk pembuatan totebag maupun string bag.

    Dari bentuknya yang simple, ringan dan kekinian. Ia sangat mempermudah kita untuk membawanya kemana saja, disisi lain kita bisa tampil gaul walaupun harga yang ditawarkannya relatif terjangkau.

    Namun apakah kamu tahu perbedan diantara totebag dan string bag ini? Mari kita lihat penjelasan berikut ini.

    Apa yang terlintas dibenakmu saat mendengar nama totebag? Nama totebag sendiri baru dipakai sekitaran tahun 1900an, sebelumnya pada berabad-abad lalu lebih dikenal sebagai “tote” yang berarti membawa. 

    Ia merupakan tas klasik berasal dari Amerika, dengan bahan kain keras. Namun seiring berjalannya waktu totebag memakai bahan lainnya seperti kanvas, goni, nilon atau rami yang lebih nyaman untuk dipakai.

    Sebenarnya pertama kali totebag ini di desain untuk para pelaut oleh LL Bean’s. Bahannya yang kokoh dan sederhana tersebut, akhirnya menarik minat para wanita. Sejak itu totebag merambah hingga ke pasar yang lebih luas.

    Hingga akhirnya kepopuleran tas berbahan kulit sudah kian tersingkirkan dengan adanya totebag ini. Karena totebag dinilai lebih ramah lingkungan, dapat dipakai berkali-kali serta untuk menggantikan peran dari tas plastik yang tidak dapat diuraikan.

    Totebag sejenis dengan tas tangan pada umumnya tetapi bentuknya kotak dan mempunyai dua buah tali untuk memegang. Tas ini juga terdapat dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil, sedang sampai besar. 

    Kemudian totebag biasanya banyak menggunakan warna hitam, putih atau krem, karena dinilai lebih elegan. Walaupun perkembangannya kini banyak meluncurkan dengan beragam warna lain yang cerah seperti merah, kuning, hijau, biru atau  desain gambar. 

    Baik pria maupun wanita sekarang tidak ingin ketinggalan zaman. Sehingga totebag atau nama lainnya godie bag ini sudah merambah dalam kehidupan sehari-hari. Karena dimanfaatkan dalam berbagai macam keperluan, seperti untuk tas belanja, untuk jalan-jalan, untuk souvenir pernikahan, bahkan tren dikalangan mahasiswa kini banyak yang menggunakannya untuk ke kampus.

    Sedangkan itu bagaimana dengan string bag? Pertama kali dikenal secara luas dengan nama tas garter untuk keperluan olahraga. 

    Namun saat ini biasa kita kenal sebagai tas serut atau tas lanyard dengan dua buah tali yang ditambatkan di kedua sisinya, seperti bentuk tas gendong umumnya. Ia memiliki desain minimalis yang bisa digunakan sebagai tas organizer saat bepergian.

    String bag ini juga banyak didesain dengan bahan yang ringan dan disesuaikan dengan kebutuhan seperti menggunakan bahan tahan air maupun dari kain lembut. Kemudian tali yang digunakan berbahan padat, poliester tebal, dan lembut. 

    Karena string bag yang cenderung lembut, ia hanya bisa dipergunakan untuk mengangkut barang-barang yang ringan dan tidak terlalu banyak. Walaupun begitu string bag adalah salah satu tas yang awet, karena jahitan yang dipergunakannya sangat rapi dan rangket.
    String bag juga bisa dimodifikasi dengan bentuk lain seperti hewan, atau ditambahkan dengan kantong didepannya agar tidak terkesan monoton.

    Lalu dari segi warna, string bag mempunyai banyak sekali variasi warna seperti kuning, oranye, hijau, merah, biru, pink, ungu, hitam sampai warna gradasi.

    Nah itulah sekilas mengenai totebag dan string bag. Sekarang jadi tahu kan perbedaan totebag dan string bag, sehingga kita tidak akan keliru lagi untuk memilih tas mana yang mau kita beli ke depannya.