Google_plus Pinterest Vimeo RSS
CS 1: 085 600 923 313
CS 2: 089 619 505 583

Memilih design dari Corel Draw atau Photoshop??


Memilih design dari Corel Draw atau Photoshop??
Memilih design dari Corel Draw atau Photoshop??
Design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong untuk bangunan) serta di awal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni dan kriya. Di mana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk membentuk ekpresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll [1]
Seiring modernisasi, alat gambar manual berupa kertas gambar, pensil, mistar dan penggaris segitiga, jangka, rapidograph (dapat pula drawing pen), mistar sablon, mal, busur derajat, dan meja gambar tak lagi di butuhkan. Kini masyarakat telah menikmati kemudahan akses dalam design Corel Draw, Photoshop dan banyak aplikasi lainnya.  Kalau agan dan sis Memilih design dariCorel Draw atau Photoshop ??
Keunggulan dari Software Corel Draw   adalah sebagai berikut:
¾      Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
¾      Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
¾      Corel Draw sangag baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
¾      Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain. [2]
Sedangkan Software Adobe Photoshope keunggulannya adalah sebagai berikut:
¾      Membuat tulisan dengan effect tertentu dengan menggunakan tool yang telah tersedia.
¾      Merubah gambar kita jelek menjadi bagus ataupun sebaliknya. Selain itu juga Photoshop dapat merubah foto seseorang menjadi sebuah gambar kartun. Atau dalam Design Grafis disebut vector and vexel.
¾      Memproses materi WebPhotoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF.
Singkatnya, Corel Draw memudahkan dalam design seperti brosur gambar yang berasal dari pemikiran designer ,sedangkan Adobe Photoshop digunakan untuk memberikan sentuhan pada design Fotografi.
Nah kini mimin mau nanya nih kalau agan dan sis Memilih design dari Corel Draw atau Photoshop??