• WA: 0895401538547
  • Jenis - Jenis Bahan Selempang yang Kamu Harus Tahu

    Jenis - Jenis Bahan Selempang yang Kamu Harus Tahu


    Jenis - Jenis Bahan Selempang yang Kamu Harus Tahu

    Selempang bisa jadi salah satu alternatif untuk kamu yang ingin memberikan hadiah wisuda kepada sahabat, teman atau saudara kamu yang berhasil menempuh pendidikannya nih. Namun tidak hanya itu saja, selempang inipun dapat dijadikan sebagai penghargaan atau perayaan bagi sebuah perusahaan, kemudian sebagai hadiah bagi momentum ulang tahun atau pernikahan, sampai dipakai untuk kontes-kontes tertentu bagi para pemenangnya.

    Akan tetapi sudah tahukah kamu jenis bahan-bahan apa saja yang biasanya dipakai untuk pembuatan selempang? Simak ulasan berikut ini.

    1.    Bahan Bludru

    Atau biasa dikenal dengan nama kain velvet yakni kain dengan tenun tafting (berumbai) yang mana dihasilkan dari kain ganda pada alat tenun khusus. Sehingga hal tersebutlah yang membuatnya memiliki tekstur sangat halus, lembut dan rata, serta jika dilihat akan berkilau, dan ada juga yang bercorak garis-garis sampai kotak-kotak.
    Bahan yang satu ini sangat nyaman jika digunakan karena terbuat dari bahan dasar katun dan sutra. Akan tetapi saat ini produksi sutra yang semakin menipis, membuatnya dikembangkan dengan bahan lainnya seperti serat vicose dan polyester.
    Dalam pembuatannya, jika penggunaan helai benang semakin banyak maka akan menciptakan velvet yang semakin tebal dan dari segi harganya pun akan cenderung atau bertambah tinggi.

    2.    Kain Satin

    Termasuk jenis kain yang ditenun dengan teknik satin weave, yang mana biasanya terbuat dari serat filamen seperti sutra (silk), nilon atau polyester. Ada juga satin yang berasal dari serat buatan atau sintetis, namun hasil yang diberikan tidak sebaik dari bahan sutra yang memiliki kemampuan breathable (tidak mudah melar dan elastis).
    Dalam teknik satin weave itu membentuk dua jalur benang yang saling bersilangan atau lebih dikenal dengan benang pakan (jalur benang yang berbentuk lebar, bergerak dari kanan ke kiri saat proses pembuatan kain) dan lusi (jalur benang yang menjulur memanjang dan tidak bergerak). Hal tersebutlah yang membuat permukaan kain satin menjadi licin, halus, tampak glossy dan juga kuat.
    Jenis kain satin di pasaran sendiri terdapat 9 macam, seperti :
    a.    Kain satin sutra. Memiliki ciri khas yakni lebih lembut, tipis, ringan dan glossy.
    b.    Kain satin velvet. Bersifat lebih tebal, jatuh dan tidak terlalu terlihat mengkilap.
    c.    Kain satin roberto cavali. Sifatnya lebih halus, lembut dan lebih menyerap keringat.
    d.    Kain satin tafeta. Mempunyai karakteristik tebal, kaku dan mengkilap.
    e.    Kain satin wol. Sisi luar kain terasa lebih halus, terkenal kuat dan awet, serta tampak mengkilap dan bercahaya.
    f.     Kain satin kulit sutra. Memiliki tekstur bahan yang ringan dan umumnya mengkilap pada kedua sisi kain.
    g.    Kain satin faconne. Mempunyai motif garis-garis, pasley, dam sebagainya. Jenis kain satin satu ini tergolong berat dengan kualitas beragam, lebih lembut dan tidak sekaku  tafeta.
    h.    Kain satin clarisa. Karakternya sedikit lemas dan glossy.
    i.      Kain satin kahatex. Bersifat agak kaku, tebal, warnanya terang mengkilap dan licin.

    Nah itu dia jenis-jenis bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan selempang. Semoga bisa menambah wawasan mengenai perkainan yang biasanya digunakan atau ditemukan.

    Tentu saja kami Sablon Jogja ID memiliki jasa pelayanan dalam pembuatan selempang sablon satuan murah. Jika kamu memiliki minat untuk membuatnya demi memberikan hadiah kepada sahabat, teman maupun keluarga, sangat bisa sekali pesan kepada kami. Karena kami juga menyediakan dalam berbagai macam warna yang dapat dipilih dan yang pasti dengan harga super terjangkau.