• Instagram
  • Jenis-Jenis Bahan Totebag dan String Bag

    Jenis-Jenis Bahan Totebag dan String Bag
    Jenis-Jenis Bahan Totebag dan String Bag 

    Jenis-jenis bahan totebag dan string bag –

    Tote bag adalah tas besar yang biasanya tanpa resleting atau penutup yang memiliki tali pegangan di kedua sisinya, totebag ini memiliki istilah lain yaitu goody bag. Artinya sama saja, yaitu tas jinjing yang umumnya berbahan kanvas.

    Sedangkan string bag atau tas serut adalah tas yang keseluruhannya terbuat dari kain dan memiliki renda di bagian atas untuk menutup tas. Dahulunya, tas jenis ini digunakan untuk keperluan olahraga saja, namun sekarang banyak digunakan untuk berpergian dengan gaya yang simple.

    Untuk soal bahan, kedua tas ini memiliki jenis-jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat tote bag maupun string bag. Jika kamu mau membuat tas totebag satuan ataupun lusinan yang murah dan berkualitas, cek Jasa Pembuatan Tote Bag Sablon Satuan, Lusinan Murah.

    Pertama, kita akan membahas bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat string bag.
          ·         Polyester
    Kain ini disebut juga kain buatan atau kain sintesis. Dengan karakteristik yang awet dan cukup kuat, membuat tas dengan bahan polyester ini kokoh jika didalam tote bag berisi barang-barang yang berat.

          ·         Kanvas katun
    Bahan ini mempunyai serat yang kuat sehingga sangat cocok untuk tote bag. Meskipun awalnya bahan ini awalnya hanya untuk media melukis, namun seiring perkembangan zaman bahan ini digunakan juga untuk jahit-menjahit.

          ·         Nylon
    Bahan tas yang sering digunakan adalah kain nylon. Tidak perlu khawatir jika menggunakan tas dengan kain ini, karena kain ini sangat kuat untuk mengangut beban yang cukup banyak.

          ·         Neoprene
    Bahan ini memiliki karakteristik yang halus dan lembut. Bahan ini memiliki tingkat elastisitas yang tinggi sehingga sangat fleksibel saat digunakan. Biasanya digunakan untuk tas anak-anak dengan berbagai motif.

    Selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat tote bag.
          ·         Kain spunbond
    Jenis kain spunbond adalah bahan yang terbuat dari serat panjang dan diolah dengan menggunakan campuran bahan kimia dan cat pelarut yang dipanaskan. Jenis kain ini tidak lebih kuat jika dibandingkan dengan bahan blancu dan kanvas. Tetapi tote bag dengan bahan kain spunbond bisa menjadi pengganti tas plastik yang hemat dan cukup kuat.

          ·         Kain blacu
    Bahan dasar kain blacu adalah kapas sehingga sangat fleksibel. kain ini memiliki tekstur yang tipis dan sedikit kasar. Namun jika digunakan untuk tote bag bahan ini lebih kuat dibanding kain spunbond dan harganya pun terbilang cukup murah.

          ·         Kain kanvas
    Kain kanvas memiliki tekstur kain yang lebih halus, tebal dan tidak kaku bila dibandingkan dengan kain blacu. Jenis kanvas untuk totebag ini adalah kain mori yang sudah melalui proses pemutihan. Kain kanvas ini sangat direkomendasikan untuk bahan totebag karena sangat bagus dan nyaman saat digunakan.

          ·         Kain drill
    Jenis kain drill umumnya merupakan campuran dari cotton dengan polyester. Umumnya memiliki serat dengan garis-garis miring. Dan totebag yang memiliki bahan drill akan tidak mudah kusut, kuat dan warnanya tidak mudah pudar. Dengan kadar cotton yang tinggi, akan membuat kain drill ini akan menjadi sedikit lebih mahal. Namun tidak perlu khawatir karena kain drill ini memiliki permukaan yang berbeda pada bagian depan dan belakangnya yang membuat totebag dengan bahan ini akan terlihat lebih elegan.

    Demikianlah penjelasan dari bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat tote bag dan juga string bag yang biasanya sering digunakan. Bahan yang dipakai untuk pembuatan tas sangat berpengaruh terhadap ketahanan tas atau yang dapat merusak tas itu sendiri.


    Terima kasih telah membaca artikel Jenis-jenis bahan totebag dan string bag ini. Jangan lupa kunjungi Sablon Jogja ID untuk jasa pembuatan kaos, tas, jaket, selempang, sajadah dan lain-lain. Semoga artikel ini dapat membantu menjadi referensi untuk membuat totebag ataupun stringbag.