Google_plus Pinterest Vimeo RSS
CS 1: 085 600 923 313
CS 2: 089 619 505 583

Membongkar Perbedaan Sablon Manual, Digital, dan DTG

Perbedaan Sablon Manual, Digital, dan DTG
Sablon Manual
Perbedaan Sablon Manual, Digital, dan DTG
Sablon Manual
Membongkar Perbedaan Sablon Manual, Digital dan DTG -
Sablon adalah cara atau metode mencetak gambar pada media yang diinginkan seperti kain, kertas, dan juga plastik. Sablon sendiri dibagi menjadi beberapa cara yaitu menggunakan mesin dan juga manual. Untuk sablon menggunakan mesin atau digital ini sebenarnya tidak sepenuhnya tanpa campur tangan manusia, karena dalam prosesnya masih membutuhkan bantuan manusia namun lebih simpel dan juga cepat.
Banyak orang yang memperdebatkan mana cara terbaik untuk menyablon dari segi kualitas, harga murah, ataupun kepuasan yang didapatkan. Maka dari itu perbedaan sablon manual, digital dan DTG harus diketahui dari segi keunggulan dan kekurangannya agar nantinya bisa disesuaikan dengan hasil yang diharapkan oleh kedua belah pihak, yaitu konsumen dan juga pihak konveksi.
Perbedaan Sablon Manual, Digital dan DTG :
Sablon Manual
Sablon dengan manual tentu lebih rumit dibandingkan metode yang lainnya. Peralatan yang digunakan mulai dari printer laser, screen, alat untuk mengering, meja sablon dan juga rakel. Warna yang ada tidak penuh warna karena apabila detail gambar dari segi warna sangat rumit tentu sulit menggunakan sablon manual. Hal itu dikarenakan sablon manual menerapkan masing masing warna pada setiap proses penyablonan.
Kelebihan :
-          Hasil sablon lebih tahan lama (tergantung tinta yang digunakan)
-          Hasil yang diinginkan lebih variatif misalnya sablonan yang timbul, glow in the dark
-          Kualitas sablon diatas metode lainnya
-          Bahan kaos variatif karena semua bahan bisa dilakukan penyablonan dengan manual
Kekurangan :
-          Proses pengerjaan lebih lama
-          Tidak praktis
-          Bisa salah pencetakan (seperti gambar tidak sesuai)

Sablon Digital
Sablon digital adalah metode penyablonan dengan menggunakan mesin transfr yang panas untuk memindahkan gambar dan tinta lalu ditempelkan di media. Proses nya sangat cepat sehingga penyablonan biasanya lebih efisien menggunakan sablon digital. Selain itu harga yang ditawarkan kepada konsumen biasanya lebih murah karena bisa pesan satuan. Konveksi di Jogja biasanya memberikan kualitas yang seperti sablon digital dengan harga murah.
Kelebihan :
-          Warna yang dipilih sangat banyak dan variatif
-          Detail yang ada dalam gambar lebih jelas
-          Proses pengerjaan cepat
Kekurangan :
-          Sablon cepat pudar (tergangung kualitas tinta)
-          Luas areal yang disablon tidak bisa melebihi luas dari kertas transfer yang ada

Sablon DTG (Direct To Garment)
Metode penyabolan atau cetak gambar paling terbaru dimana menggunakan printer garmen digital atau sering disebut DTG. Printer garmen digital DTG ini memakai printer inkjet dengan modifikasi tinta. Detail gambar akan sama dengan yang ada pada komputer atau desain yang telah ditentukan. 

Pada konveksi kami yang terletak di Jogja menggunakan sablon manual yang mana seperti informasi di atas, tujuan kami adalah agar memuaskan konsumen pada hasil produksi kami. Konveksi di Jogja kami memiliki tiga motto yang mana selalu kami jaga, yaitu murah namun berkualitas dan selalu memberikan pelayanan penuh pada pelanggan alias full service to customer.

Perbedaan sablon manual, digital dan DTG sudah diketahui, semuanya sering diaplikasikan dalam kegiatan usaha konveksi dan jika Anda belum tahu cara merawat baju sablon dengan baik agar awet, silahkan baca artikel kami 5 Tips Merawat Baju atau Kaos Agar Awet . Cukup itu dulu Membongkar Perbedaan Sablon Manual, Digital, dan DTG. Jika Anda menginginkan hasil yang awet berkualitas, Anda bisa memilih jasa kami, jasa pembuatan kaos murah kualitas unggulan. Terimakasih.