Google_plus Pinterest Vimeo RSS
Telepon: 085 600 923 313
BBM: D2 96 8E BC

Apa Itu Sablon Rubber dan Glow In The Dark?

Apa itu sablon rubber dan glow in the dark? -
Apa itu Sablon rubber dan Glow In The Dark?
Sablon Rubber
Kali ini sablonjogjaid.com akan menjelaskan apa itu sablon rubber dan glow in the dark. Langsung saja, sablon rubber atau sablon karet merupakan sablon dengan hasil akhir menutup serat-serat kain dan terasa timbul serta terasa elastis. Sedangkan sablon glow in the dark yaitu sablon transparan yang memakai campuran bubuk fosfor yang bisa bersinar terang di ruang gelap atau dengan kata lain sablon ini bisa menyala dalam kegelapan. Untuk sablon glow in the dark dapat diaplikasikan dengan sablon rubber dan pigment.
Begini uraian lengkap apa itu sablon rubber dan glow in the dark
Apa itu Sablon rubber dan Glow In The Dark?
Sablon Rubber
Apa itu sablon rubber?
Jenis sablon banyak dipakai di atas kain gelap. Tinta yang dipakai haruslah pekat dan mampu menutupi permukaan serat-serat kain dengan baik. Tinta rubber itu sendiri dapat dipakai untuk underbase (dasaran) yang berfungsi sebagai penutup warna kain sebelum ditutup dengan sablon warna lainnya.
Hasil yang diperoleh dari teknik sablon rubber terasa kasar karena berupa timbulan. Teknik sablon ini banyak dipakai oleh para penyablon untuk menghasilkan pakaian sablon yang bergambar karakter. Kebanyakan kaos sablonan yang dijual di pasaran adalah hasil penerapan teknik sablon seperti ini.
Apa itu Sablon rubber dan Glow In The Dark?
Sablon Glow in the Dark
Apa itu sablon glow in the dark?
Sablon glow in the dark mampu bercahaya di kegelapan karena ada kandunga fosfor. Efek bercahaya ini tentu membuat banyak orang yang tertarik memakainya. Pada dasarnya alat-alat yang dipakai tak ada perbedaan dengan teknik sablon rubber. Perbedaan mencolok baru terlihat pada bahan-bahan yang akan dipakai untuk membuat sablon. Perlu diingat, menyala disini tidak sepanjang waktu, akan tetapi hanya beberapa saat setelah mendapatkan cahaya sebelumnya.
Bahan-bahan yang akan dipakai untuk membuat sablon kaos glow in the dark, antara lain: rubber white/ putih, rubber clear, dan serbuk fosfor. Bahan lainnya yang bisa ditambahkan yaitu pigmen atau pewarna bila ingin memberikan variasi warna yang lebih menarik.

Proses pembuatan sablon glow in the dark sebagai berikut:
1.    Siapkan rubber putih sebagai dasaran sablon. Boleh juga memakai warna lain.
2.    Untuk warna fosfor biasanya berwarna hijau muda.
3.    Lakukan penyablonan rubber putih pada kain kaos, lalu timpa 2-3 kali supaya merata, selanjutnya tinggal dikeringkan.
4.    Siapkan rubber clear dan serbuk fosfor. Untuk rubber clear berupa rubber bening, sedangkan serbuk fosfor yang nantinya menyerap cahaya sekaligus menciptakan nyala di ruang kegelapan.
5.    Campuran serbuk fosfor dengan rubber clear memakai perbandingan 1:3.
6.    Setelah tercampur merata, tinggal ditipakan di atas dasaran sablon memakai screen yang sama. dengan demikian campuran fosfor menempati lapisan terluar sehingga langsung terpapar cahaya. Nantinya setelah berada di tempat gelap, lapisan sablon ini bisa bercahaya tanpa ada yang menghalangi.
7.    Keringkan sablon sampai benar-benar kering

Seperti itulah pemahaman apa itu sablon rubber dan glow in the dark. Perbedaan mencolok hanya pada pemakaian serbuk fosfor saja supaya bisa menghasilkan cahaya di tempat gelap.
Mungkin tak kalah mengasikkan membaca postingan tentang jenis-jenis sablon. Langsung saja baca artikel tersebut dengan klik disini. Atau Anda ingin membuat kaos sablon glow in the dark? Klik bikin kaos sablon glow in the dark satuan.