Google_plus Pinterest Vimeo RSS
Telepon: 085 600 923 313
BBM: D2 96 8E BC

Apa Itu Sablon Plastisol, Discharge, Ruster?

Apa Itu Sablon Plastisol, Discharge, Ruster?
Apa itu sablon plastisol, discharge, ruster? -
Yuk kita cari tahu. Sablon plastisol merupakan cat yang bahan dasarnya minyak dan memiliki kemampuan mencetak dot/ raster yang berukuran sangat kecil dengan hasil yang bagus. Teknik discharge yaitu sablon yang catnya memiliki kemampuan menipiskan/ manghilangkan warna dasar kaos, lalu diisi dengan pigmen baru sesuai kebutuhan. sedangkan sablon ruster yang memakai cetak sablon dengan variasi ukuran sesuai tingkat kerapatan mesh yang dipakai.

Apa itu sablon plastisol
Cat atau tinta yang dipakai berbahan dasar minyak dengan kemampuan mencetak dot/ raster dengan ukuran sangat kecil. Kualitasn hasil  sablonan benar-benar berkualitas prima. Sayangnya, butuh biaya yang lumayan besar karena cat ini butuh sinar infra merah untuk proses pengeringan.

Apa itu sablon discharge
Cat atau tinta yang dipakai untuk sablon discharge memiliki kemampuan menipiskan atau menghilangkan warna dasaran, yang selanjutnya bisa diisi dengan pigmen atau warna yang baru sesuai kebutuhan.

Apa itu sablon ruster
Dengan teknik sablon ruster, screen yang dipakai untuk teknik cetak sablon ini mempunyai variasi ukuran yang menunjukkan tingkat kerapatan mesh yang dipakai. Teknik sablon ini memungkinkan penggunaan tinta sablon untuk bisa menembus “lubang-lubang” kain berbagai ukuran.

Semakin besar nilai angka mesh screen, ukuran lubang-lubang semakin kecil juga. Jenis tinta yang akan dipakai akan menentukan nilai mesh screen yang akan digunakan. Misalnya saja, tinta plastisol atau oil ink dipakai untuk screen ukuran mesh 130-150. Nila mesh ini tak bisa dipakai untuk tinta rubber atau glitter. Tinta rubber ini tak akan bisa menembus lubang-lubang kain.

Untuk jenis tinta rubber, Anda bisa baca artikel sebelumnya dari sablonjogjaid.com tentang apa itu sablon rubber dan glow in the dark disini , yang mana tinta ini dipakai screen dengan mesh 110 atau kurang. Pengetahuan pengenalan jenis tinta dan ukuran smesh ini penting sebelum kita membuat untuka gradasi warna atau separasi. Ini akan membantu kita menentukan berapa nilai LPI yang ditetapkan saat output film. Untuk tinta rubber, nilai LPI maksimum yang dipakai adalah 50. Biasanya yang dipakai adalah nilai 30-35 LPI.
Untuk nilai LPI yang dipakai lebih besar dari 60, digunakan jenis tinta water base (pigmen), oil ink, atau plastisol.

Itulah ulasan singkat apa itu sablon plastisol, discharge, ruster? Pengetahuan dasar seperti ini penting sebelum kita membuat sablonan pada jenis kain tertentu. Terutama pemakaian mesh dan ukuran lubang-lubang jenis kain yang akan disablon. Oh iya sebelumnya sudah banyak berbicara jenis-jenis sablon manual, mau baca? Silahkan klik disini.