• Instagram
  • Kelebihan dan Kekurangan Bahan Cotton Bamboo

     Kelebihan dan Kekurangan Bahan Cotton Bamboo
     Kelebihan dan Kekurangan Bahan Cotton Bamboo
    Kelebihan dan Kekurangan Bahan Cotton Bamboo
             Di artikel sebelumnya kita sudah membahas kelebihan bahan cotton bamboo, yaitu Apakah Kaos Bahan Cotton Bamboo Anti Bakteri Keringat. Nah, di artikel ini kami akan membahas tentang kekurangannya juga. Karena semua hal itu memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk aku dan kamu, hehe. Mari disimak dan selamat membaca.
                
            Sudah dijelaskan di artikel sebelumnya bahwa cotton bamboo merupakan bahan kaos yang berasal dari alam, yaitu serat bambu, dan bahannya nyaman untuk dipakai. Bahkan sempat menjadi primadona dan digadang-gadang sebagai bahan terbaik untuk kaos pada pertengahan 2014 silam. Tapi pasti ada yang bertanya, sebenarnya apa saja Kelebihan dan Kekurangan Bahan Cotton Bamboo.

              Pertama, kita akan bahas apa aja sih kelebihan dari bahan cotton bamboo. Bahan cotton bamboo memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

              1.    Anti Bakteri dan Nyaman Dipakai
    Masih ingat dengan kandungan zat dari bambu yang bernama “Penny Quinone” ?. Zat yang membuat bambu menjadi anti bakteri dan anti serangga ini menjadi keunggulan utama dari bahan kaos ini. Karena kandungan zat ini, kaos yang berbahan cotton bamboo akan memiliki tingkat keawetan yang lama. Dan tentu saja nyaman dipakai.

               2.    Memiliki Daya Serap Tinggi dan Menghilangkan Bau
    Sebenarnya jika disandingkan dengan cotton combed, yang menjadi rival utama cotton bamboo, tingkat daya serap keduanya hampir sama. Lantas apa yang membuat cotton bamboo memiliki daya serap tinngi ? itu karena cotton bamboo didukung dengan pori-pori yang kecil, sehingga mampu menyerap bahan-bahan kimia yang membuat kaos menjadi bau.

               3.    Melindungi Tubuh dari Cuaca Panas dan Dingin
    Bahan kaos ini memiliki tingkat perlindungan yang baik terhadap cuaca panas dan dingin. Jadi saat cuaca panas, kaos berbahan ini akan berfungsi sebagai pendingin badan, dan saat cuaca dingin, kaos akan berfungsi sebagai penghangat badan. Pokoknya fleksibel deh, tergantung permintaan cuaca, hehe

               4.    Ramah Lingkungan
    Namanya juga bambu, tumbuhan alami dan berasal dari alam, sudah pasti ramah lingkungan. Karena bahan ini mudah terurai alias degradable. Jadi tidak akan berbahaya untuk lingkungan. Ibaratnya dari alam, untuk alam, dan oleh alam, wah Abraham Lincoln dong, hehe

               5.    Warna Lebih Awet
    Semua warna kain sebenarnya akan pudar seiring berjalannya waktu dan pemakaian serta pencucian. Tapi jika dibandingkan dengan cotton combed, cotton bamboo memiliki warna kain yang lebih awet.

               6.    Memiliki Serat yang Lebih Lembut
    Serat cotton bamboo lebih halus dibanding cotton combed. Ini yang menjadikan kaos dengan bahan cotton bamboo memiliki tekstur yang halus dan lembut jika dipegang dan dipakai.

                Itulah beberapa kelebihan dari kaos dengan bahan cotton bamboo. Sekarang kita akan membahas apa saja kekurangan dari bahan cotton bamboo. Diantara kekurangan cotton bamboo adalah sebagai berikut :

               1.    Harga Lebih Mahal
    Ini salah satu kekurangan yang ada pada cotton bamboo dibandingkan dengan cotton combed. Harga yang lebih mahal. Tapi tentu saja kembali ke kualitas, semakin bagus makan harga akan semakin mahal.

               2.    Terbatasnya Ketebalan Kain
    Tidak seperti cotton combed yang memiliki berbagai pilihan ketebalan pakaian dari 20s hingga 40s, rata-rata pabrik kaos dan konveksi hanya menyediakan cotton bamboo dengan ketebalan 30s.  

               3.    Warna yang Terbatas
    Kendala yang sama dibanding dengan cotton combed, cotton bamboo hanya memiliki warna terbatas, tidak banyak pilihan warna seperti cotton combed. Jadi kurang bisa berkreasi dengan desain karena keterbatasan warna kain.

           Jadi itu tadi Kelebihan dan Kekurangan Bahan Cotton Bamboo. Semoga artikel ini mampu menjadi referensi pertimbangan dalam pembuatan kaos buat kamu. Lihat juga artikel-artikel lainnya di Sablon Jogja ID See you at next article !