Google_plus Pinterest Vimeo RSS
Telepon: 085 600 923 313
BBM: D2 96 8E BC

Kelebihan dan Kekurangan Sablon Plastisol, Rubber, Discharge



Kelebihan dan Kekurangan Sablon Plastisol, Rubber, Discharge
Hasil Sablon Rubber

Untuk memulai usaha sablon, kita harus mengetahui apa kelebihan dan kekurangan sablon plastisol, rubber, discharge. Pasalnya, masing-masing jenis sablon tersebut berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan. Selera konsumen juga berbeda-beda sehingga perlu pemahaman pengenalan jenis-jenis sablon beserta kelebihan dan kekurangannya. Maka dari itu, kali ini sablonjogjaid.com siap memberikan informasi penting ini.

Kelebihan dan kekurangan sablon plastisol
Kelebihan dari sablon plastisol yaitu memiliki keawetan tinggi. Bahkan, dicuci berkali-kali pun tak mudah rusak dan masih tetap dalam kondisi bagus. Sedangkan kekuranggannya, sablon plastisol mudah rusak bila disetrika. Hal ini terjadi lantaran bahan plastisol bisa meleleh.

Kelebihan dan kekurangan sablon rubber
Sablon rubber akan awet bila disetrika. Sablon rubber memiliki tingkat elastisitas yang tinggi. dalam proses pembuatannya, Karena water based, lebih mudah diperbaiki. Bagian yang salah bisa dihapus dengan mudah memakai air. Pengeringannya juga lebih cepat. Perawatan sablon lebih mudah bila dibandingkan dengan jenis sablon lainnya. Kekurangan dari sablon rubber yaitu bisa timbul kerak, menghasilkan limbah lebih banyak, dan tintanya mudah dipalsukan.

Kelebihan dan kekurangan sablon discharge
Tinta sablon ini akan menghilangkan warna dari kaos dan bisa menggantikan warna sesuai dengan warna tinta yang diinginkan. Pengerajaan sablon lebih mudah dibandingkan dengan teknik lainnya. Coco diterapkan untuk kain yang berwarna gelap. Hasil sablon terasa sangat lembut dan tampak seperti warna kaos alaminya. Memang fungsi tinta ini yaitu menonaktifkan zat warna yang terdapat pada kain alami.

Kekurangan sablon discharge yaitu tak semua warna bisa ditutupi seperti warna biru, ungu, dan hijau. Tidak bisa menghasilkan sablonan yang full color. Tidak cocok diterapkan untuk desain yang memiliki tingkat detail yang tinggi. Sablon discharge tidak bisa diaplikasikan pada semua jenis kain.

Itulah ulasan kelebihan dan kekurangan sablon plastisol, rubber, discharge yang bisa paparkan. Bagi pengusaha sablon, pengetahuan ini penting karena berkaitan langsung dengan biaya dan selera pasar. Bagi konsumen itu sendiri, pemahaman ini sangat bermanfaat untuk memilih kaos sablonan yang akan dibeli biar tidak salah pilih. Artikel ini ada karena sambungan artikel sebelumnya yang membahas total seputar apa itu sablon plastisol, discharge, raster. Ingin membacanya juga? Langsung klik disini.