Google_plus Pinterest Vimeo RSS
CS 1: 085 600 923 313
CS 2: 089 619 505 583

Langkah-Langkah Menyablon Secara Manual

Langkah-Langkah Menyablon Secara Manual

Langkah-Langkah Menyablon Secara Manual

Saat ini bisnis sablon adalah bisnis yang sangat menggiurkan di kalangan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, karena banyaknya peminat yang ingin berkampanye menggunakan seragam seperti kaos agar terlihat lebih kompak.

Dalam hal ini banyak yang mengambil kesempatan untuk membuka bisnis sablon. Karena omset dalam bisnis tersebut bisa naik sampai berlipat-lipat.

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui bagaimana langkah-langkah menyablon secara manual

Maka dari itu pada kesempatan ini saya akan menjelaskan langkah-langkah menyablon secara manual.

Sablon manual adalah teknik menyablon yang masih menggunakan tenaga dan keahlian manusia dalam proses pengerjaannya. Untuk proses sablon manual ini diperlukan beberapa peralatan seperti screen, rakel, papan tripleks, tinta,  lakban dan lainnya.

Mari kita simak bagaimana langkah-langkah menyablon secara manual. Beberapa langkah ini bisa di prektekan saat ingin menyablon secara manual.

1. Siapkan kaos yang akan di sablon, kemudian letakan triplek di antara bagian kaos depan dan kaos belakang, tujuannya adalah agar tinta tidak tembus ke bagian lain. Selain itu triplek bisa memudahkan dalam proses penyablonan agar posisi kaos tetap stabil.

2. Letakan screen atau kasa dipermukaan kaos kemudian anda bisa mengatur posisi gambar sesuai dengan yang sudah dirancang.

3. Tuangkan tinta di pinggir gambar di sisi atas dengan menghadap objek gambar. Kemudian tariklah cat sablon itu mengarah bawah memakai rakel bertekanan rata dengan sekali tarikan saja.

4. Jika hanya menyablon dengan satu warna maka teknik ini sudah selesai. Anda bisa mengangkat rangka screen secara perlahan dan kemudian keringkan kaos tersebut.

5. Jika anda akan menyablon kaos dengan lebih dari satu warna, sebaiknya anda menutupi warna lainnya dengan isolasi, plastik ataupun lakban. 

6. Bersihkan tinta yang merekat pada rangka. Kemudian siapkan gambar pada bidang dan tutuplh bagian yang sudah di sablon warna pertama dengan menggunakan isolasi dan plastik.

7. Taruhlah kaos yang sudah di sablon dengan warna pertama diatas bidang meja yang datar dan aturlah penempatan screen agar hasilnya baik.

8. Ulangi langkah kedua dan keempat untuk menghasilkan warna kedua. 

9. Anda bisa mengulangi proses sablon itu sampai selesai, sampai warna terakhir yang diinginkan menggunakan teknik sablon manual.

Nah itu adalah penjelasan tentang langkah-langkah menyablon secara manual. Setelah anda membaca ini, anda dapat langsung mempraktekannya. Semoga hasilnya baik dan memuaskan. Semoga bermanfaat.

Sumber           : https://jrprint.wordpress.com
                         http://www.rumahsabloncepat.com